Sabilafams Banner

Bagaimana Mengatasi Insecure Diri Sendiri?

rasa insecure

Apakah kamu termasuk orang yang pernah mengalami insecure? Apa yang kamu lakukan saat mengalami insecure? Bagaimana rasa insecure itu bisa muncul?

Mungkin banyak yang bertanya tentang rasa insecure itu sendiri. Kenapa kita bisa mengalami rasa seperti ini? Apa sih kekurangan kita sehingga berbeda dengan orang lain? Mungkin nggak sih kita bisa seperti mereka yang bisa atau punya segalanya?

Hem, kalau kita pernah berpikiran seperti itu bisa saja saat itu kitas sedang mengalami insecure. Berpikiran negatif dari diri kita sendiri. Kenapa orang lain bisa hebat sedangkan kita biasa saja. Untuk bisa mendalami apa itu insecure di dalam diri kita, aku akan bahas tentang insecure yang mungkin sering terjadi dalam diri kita sendiri.

Apa Itu Insecure? 

Insecure adalah sebuah perasaan yang kurang nyaman pada diri sendiri atau ada rasa kurang percaya diri. Melihat diri kita selalu terlihat kurang dari pada orang lain. Rasa insecure ini bisa dikarenakan masalah penampilan, wajah, barang atau benda maupun kehidupan dirinya.

Rasa insecure ini perlu diperhatikan dan dikelola. Karena pada dasarnya, rasa insecure bisa menyebabkan beberapa masalah termasuk kesehatan tubuh. Untuk itu diperlukan penanganan dalam mengatasi masalah insecure ini.

Kadang ada orang yang sudah bisa mengelola perasaannya sendiri sehingga tidak menyebabkan stress. Tapi ada pula orang yang belum bisa menangani masalah insecure dalam dirinya sendiri. Untuk itu diperlukan cara dalam mengatasi masalah ini. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Kita baca artikel ini sampai selesai yaa :D.

Cara Mengatasi Insecure

Masalah insecure jika tidak segera ditangani akan menjadi dasar penyebab masalah. Bisa menjadi masalah kesehatan, stress, maupun masalah hubungan lain di lingkungan sekitar. Inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah insecure dalam diri kita:

cara mengatasi insecure

1. Hindari Berpikiran Negatif

Saat kita melakukan suatu kesalahan, biasanya kita akan menyalahkan diri sendiri.

"Kenapa kita melakukan hal itu?", "Seharusnya aku tadi seperti ini, kok jadi seperti itu?".

Pikiran seperti itulah yang menjadi penyebab insecure muncul. Sebaiknya kita hindari berpikiran negatif. Maafkanlah kesalahan yang kita lakukan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Jadikan kesalahan tersebut suatu dorongan agar kita tidak mengulangi kesalahan kita lagi.

2. Kurangi Bermain Medsos

Media sosial adalah salah satu hal yang mendasari kita untuk insecure pada diri kita sendiri. Karena saat kita melihat media sosial, kita akan membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Mungkin untuk sebagian orang bisa cuek dengan hal itu. Tapi sebagian lain banyak yang membandingkan dirinya karena sering melihat sosial media orang lain.

Sebaiknya kita kurangi membuka media sosial agar hidup kita bisa lebih tenang. Bisa juga kita bermain media sosial untuk mencari referensi dari kerjaan, atau hal bermanfaat lainnya. Tapi jangan terlalu "kepo" dengan kehidupan orang lain ya. Hehee.

3. Cari Lingkungan Positif

Kadang kala, penyebab munculnya insecure dalam diri kita dikarenakan lingkungan yang kurang baik. Sebaiknya kita mencari lingkungan yang lebih positif. Memberikan lebih manfaat daripada mudharatnya untuk kita dan keluarga.

Kita bisa mencari sebuah komunitas atau organisasi yang bermanfaat. Sehingga kita bisa teralihkan dengan lingkungan yang kurang baik. Bisa juga kita datang ke majelis ilmu, teman, sahabat, dan sejenisnya. Lingkungan atau tempat yang bermanfaat untuk diri kita.

4. Bersosialisasi Dengan Orang Terdekat

Untuk mengatasi insecure, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan meminta pendapat dari orang terdekat. Bersosialisasi dengan teman dekat, sahabat, atau keluarga bisa mengurangi beban pikiran kita. Bisa juga kita mendengarkan nasihat dari sahabat atau keluarga kita.

Karena sebenarnya sahabat atau orang keluarga adalah orang yang menyayangi kita. Sehingga tidak mungkin mereka akan mencelakai kita. Dengan mengobrol dan berunding dengan orang terdekat inilah bisa menjadi solusi apa yang sedang kita hadapi atau rasakan.

5. Cintai Diri Sendiri

Selain dengan mengobrol dengan orang terdekat, langkah untuk kita agar bisa terhindar dari insecure adalah dengan mencintai diri kita sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, kita menerima diri kita apa adanya. Menerima kekurangan kita dengan lapang, dengan senyuman. Bahkan mungkin juga kita bisa mencari untuk diri kita agar menjadi lebih baik.

Temukan kebahagiaan diri kita sendiri dengan kasih sayang dan cinta. Karena kebahagiaan yang kita rasakan, hanya kitalah yang bisa menemukannya. Kebahagiaan antara satu orang dengan yang lain berbeda. Jadi kita pasti mengetahui apa yang menjadi kebahagiaan kita sendiri. Cintailah diri kita apa adanya. Agar rasa insecure, kurang percaya diri, dan rasa negatif lainnya bisa kita hindari.

Inilah langkah yang bisa aku bagikan untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa insecure diri sendiri. Semoga artikel ini membantu, tetap semangat, dan semoga bahagia selalu.

Terima kasih..

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

Posting Komentar