Sabilafams Banner

Cara Efektif Mengenalkan Bahan Makanan Baru Pada Anak

1 komentar
Mengenalkan Makanan Baru

Hai Fams..

Pernah ngerasain kebingungan untuk mengenalkan makanan baru buat anak?

Kadang anak suka pilih-pilih makanan kan? Mungkin sering juga ngerasain anak susah makan? Wah, kalau anak sampai susah makan, pasti kita juga ikut susah. Ya kan Fams? 

Inginnya sih anak mau makan apa saja. Kalau kita kasih makanan seneng banget kalau anak bisa makan sampai habis. Karena rezeki ada di butir terakhir nasi. Ini yang biasa diajarkan padaku agar saat makan selalu habis.

Tapi, bagaimana jika anak tidak mau makan karena tidak mengetahui jenis makanannya?

Nah, inilah salah satu alasan kita untuk mengenalkan bahan makanan pada anak. Apa lagi sih alasan mengenalkan makanan untuk anak? Baca sampai akhir yaaa :D

Apa Perlu Mengenalkan Bahan Makanan Pada Anak? 

Tumbuh kembang anak harus selalu kita perhatikan. Karena kesehatan dan perkembangan anak salah satunya dilihat dari tumbuh kembangnya. Untuk memenuhi tumbuh kembangnya, kita harus bisa memberikan gizi seimbang untuk anak. 

Menurut halodoc, Gizi seimbang merupakan asupan makanan yang cukup. Secara kuantitas, kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Penerapan gizi seimbang pada pola sehat terdapat empat pilar, yaitu:

  1. Mengkonsumsi aneka ragam makanan
  2. Perilaku hidup bersih
  3. Rutin beraktivitas fisik, dan
  4. Mempertahankan berat badan normal

Untuk itulah penerapan gizi seimbang perlu digalakan. Untuk memberikan dampak positif pada kesehatan anak.

Gizi Seimbang Pada Anak

Sayangnya, memberikan gizi seimbang pada anak itu tidak mudah. Sering sekali melihat drama anak saat makan. Bahkan aku sendiripun sering mengalaminya. Anak sering menolak makan, tidak suka dengan lauknya, bahkan hanya suka dengan jajanan saja.

Lalu, apakah kita akan membiarkannya saja? Apakah kita hanya akan memberikan makanan kesukaan anak? Hari ini makan itu, besok makan itu lagi?

Kalau begitu terus bagaimana kita akan memberikan gizi yang baik untuk anak? Heemm.. Terus, bagaimana caranya agar anak mau dengan makanan yang baru dikenalnya?

Cara Mengenalkan Bahan Makanan Baru Pada Anak

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengenalkan bahan atau makanan baru pada anak. Tapi, untuk kali ini aku akan cerita sedikit cara yang sudah pernah kulakukan.

Sebelum memulainya, mungkin bisa berdoa dulu agar sedikit cara ini ada yang berhasil. Karena setiap anak berbeda, maka kita sebagai family harus saling mendukung. Dan jangan memaksakan keinginan anak untuk sesuai dengan keinginan kita. 

So, inilah beberapa tips dan cara untuk mengenalkan makanan baru pada anak.

1. Sediakan Bahan Baru

Cara pertama untuk mengenalkan makanan adalah dengan menyediakan makanan baru. Bahan makanan apa yang ingin kita kenalkan pada anak. Kita siapkan dan disajikan dengan baik di meja. 

Bisa juga dengan menyajikan makanan tersebut secara menarik. Agar anak penasaran dengan makanan tersebut. Kalau sudah penasaran, biasanya anak akan mencobanya.

Oiya, untuk mengenalkan bahan baru tersebut sebaiknya kita kenalkan satu persatu ya. Tidak dalam satu waktu yang bersamaan, agar anak tidak merasa bingung.

2. Mengajak Berbelanja Bersama

Saat anak sudah mulai besar, bisa nih kita ajak berbelanja bersama. Sering kali kita merasa risih ya kalau mengajak anak kecil berbelanja. Karena takut anak rewel, lari-larian, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, kita luangkan waktu khusus untuk mengajak anak berbelanja. Walaupun kita tidak membeli apapun, atau hanya sekedar jalan-jalan saja.

Bisa juga kita buat list belanjaan yang dibutuhkan dan kita bisa mencari barang bersama anak. Nah, ini yang biasa aku lakukan bersama Sabila. Me time berdua bersama anak pun seru juga kok.

Even though we feel tired, we can be more satisfied.

3. Memasak Bersama

Kegiatan memasak bersama anak bisa juga dilakukan sekali-kali. Kadang aku juga melakukan kegiatan ini bersama Sabila. Tapi sebaiknya, saat memasak tetap dalam pengawasan orang tua. Hindari barang dan alat yang membahayakan anak. Bisa juga sebelumnya kita menyiapkan bahan-bahannya dahulu sambil mengenalkan bahan pada anak. 

Kalau aku biasanya saat memasak bersama anak, menggunakan resep yang simple dan praktis. Seperti saat membuat kue brownies seperti digambar. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat kue itu.

Masak Bersama Anak

Selain mengenalkan bahan baru pada anak, memasak bersama juga bisa menjadi kegiatan anak. Agar anak bisa bebas dari gadget. Sekali dayung, banyak manfaat yang bisa didapat deh. Hehee,, 

4. Makan Bersama

Makan bersama juga menjadi salah satu alternatif untuk mengenalkan bahan makanan baru. Saat makan bersama dan duduk bersama anak akan mengamati makanan kita juga.

Pernah nih, suatu ketika Sabila melihatku sedang makan. Entah kenapa dia ingin mencicipi bahan makanan yang belum pernah dicobanya. Padahal aku memasak bahan itu sedikit lebih pedas. Saat itulah aku mengenalkan jenis makanan tersebut. Setelah Sabila mencobanya, walau sedikit pedas tapi ternyata dia suka. Nah, dari sinilah aku mulai memasak beberapa jenis masakan untuk diolah.

Memasak sendiri dan makan bersama keluarga menjadi lebih nikmat. Karena kelezatan makanan akan bertambah jika kita makan bersama keluarga. 

5. Coba Dengan Porsi Kecil

Saat mengenalkan bahan baru pada anak, sebaiknya gunakan porsi kecil. Seperti saat mengenalkan buah, baiknya jika kita menyajikannya saat sudah diiris kecil.

Ajak anak untuk mencoba mencicipinya secuil ataupun segigit untuk mengetahui rasanya. Jika anak belum suka, jangan kecewa. Kita bisa mencobanya lagi lain waktu.

6. Beri Jeda

Sebaiknya kita memberikan jeda pada anak saat mengenalkan bahan baru. Berikan salah satu jenis makanan dalam satu waktu. Sebaiknya hindari mengenalkan bahan baru secara bersamaan.

Saat anak sudah menyukai salah satu jenis makanan baru, baru kita tawarkan jenis lainnya. Ini akan mendorong keingintahuan anak untuk mencoba hal baru. 

7. Ingat Setiap Anak Berbeda

Sebelum memberikan makanan pada anak, sebaiknya kita kenali anak kita. Karena setiap anak itu berbeda perlakuannya. Bahkan anak kembar pun mempunyai minat dan keinginan yang berbeda.

Inilah yang harus kita tanamkan dan selalu diingat. Sebaiknya hindari menyamakan anak atau membanding-bandingkan anak. Kita sendiri pasti tidak mau bukan kalau dibanding-bandingkan? Hehee,, 

Ada anak yang suka dengan makanan asli atau polos. Anak lainnya juga banyak yang lebih suka jika makanan tersebut dicampur dengan bahan lain. Seperti Sabila, lebih suka makan buah langsung. Sedangkan saudaranya Saqila, lebih suka jika mengkonsumsi buah dengan cara di jus. Nah, perbedaan ini yang harus kita ketahui.

Hanya kita lah yang mengetahui seperti apa anak kita. Sebaiknya hindari menyamakan anak satu dengan yang lainnya.

Wah, ternyata sudah lumayan panjang juga ya nulisnya. Itulah beberapa tips dan cara untuk mengenalkan bahan baru untuk anak. Bisa dicoba dan dipraktekkan ya Fams^^.

Semoga anak kita bisa mendapatkan gizi seimbang dengan mencoba berbagai macam bahan makanan baru untuk anak. Tetap sehat dan happy family's ❤.

Fadmala A
Seorang ibu rumah tangga yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Suka dengan tantangan dan sedang mencoba untuk konsisten untuk belajar.

Related Posts

1 komentar

  1. Masyaa Allah, semoga bermanfaat untuk anak sy kelak tipsnya.. btw jgn lupa beekunjung ke blog ku jg ya #1M1C

    BalasHapus

Posting Komentar